Rabu, 30 November 2011

Bab 2

                        Mengenal ISP
 
Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.


Jenis Koneksi antara Pengguna Internet dan Service Provider


Salah satu cara untuk bergabung dengan internet adalah bergabung dengan Internet Service Provider. Fungsi Provider adalah sebagai penghubung antara komputer pengguna dengan jaringan internet. Hubungan antara seorang pengguna internet dengan internat sendiri ada dua macam, yaitu :
a. PPP Connection
b. Shell Connection


Menghubungkan Komputer Menggunakan Jaringan Telepon


1. Dial Up Connection




Dial up connection adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus-menerus ke internet. Dan merupakan koneksi ke internet yang bersifat sementara. Artinya setiap kali pelanggan membutuhkan akses internet maka pelanggan dapat menghubungkan ke internet, secara langsung. Jika sudah selesai, pelanggan dapat memutuskan hubungan internet tersebut. Contoh layanan ini adalah Telkomnet Instan dari Telkom.Tipe ini biasanya digunakan oleh komputer-komputer rumah (pribadi).
2. Dedicated Connection
Pelanggan yang menggunakan dedicated connection akan terhubung terus dengan internet selama 24 jam per hari. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan. Layanan ini biasanya digunakan untuk bisnis, seperti warnet,


Cara Setting TelkomNet Instan


1. Klik "Start" dan masuk ke "Control Panel"


2 Klik ikon "Internet Options", akan muncul kotak dialog "Internet Properties"
3 Klik "Tab Connections"


4 Klik "Setup", akan muncul kotak dialog "New Connection Wizard"


5 klik "Next"


6 Pilih "Connect to the Internet" dan klik "Next"


7 Pilih "Set up my connection manually" dan klik "Next"


8 Pilih "Connect using a dial-up modem" dan klik "Next"


9 Ketik di ISP Name "TelkomNet Instan", klik "Next"


10 Isikan 080989999 di kotak "Phone number", klik "Next"


Isikan:
• User id : telkomnet@instan
• Password : telkom


Klik "Next", Windows akan menyelesaikan koneksi ke TelkomNet dan akan muncul kotak dialog "Completing the New Connection Wizard".
Centang "Add a shortcut to this connection to my dekstop" agar muncul ikon koneksi di dekstop. Setelah selesai klik "Finish".

0 komentar:

Chat in here ^_^